Minggu, 20 Maret 2011

Masakan Padang Disukai Semua Lidah



Masakan Padang adalah masakan yang istimewa. Kenapa? Semua Lidah kayaknya tak ada yang bilang “tak suka” pada masakan  yang yang memiliki ciri khas pedas ini. Masakan Padang tersebar bukan hanya di seluruh pelosok negeri kita ini tetapi juga ke seluruh pelosok dunia.

Saya sering mendapat pujian tentang masakan Padang dari teman-teman dari mancanegara. Sesudah saya berkenalan dengan mereka dan mereka tahu saya orang Sumatera Barat, mereka tanpa malu-malu memuji-muji dan mengatakan kalau masakan padang sangat nikmat dan membuat ketagihan.Tentu saja ini suatu yang membanggakan buat kita sebagai orang minang.

Tapi menurut saya,  masyarakat dunia sangat sedikit yang pernah merasai betul masakan Padang yang benar-benar enak. Karena tampaknya semakin jauh suatu daerah atau negeri dari Sumbar tingkat kepedasan masakan Padang semakin berkurang dan malahan rasanya cendrung manis. Mungkin cita rasanya semakin jauh dari Sumbar semakin banyak yang tertiup angin dan mulai hambar.

Bisa dikatakan sulit sekali mencari masakan padang yang enak di luar sana. Contohnya ada ayam goreng yang tak sempurna matangnya, malahan ada masakan Padang yang rasa “LADO”-nya manis sekali. Sampe ada juga restoran yang yang hanya memanfaatkan nama “Masakan Padang” , tapi pemiliknya sama sekali tidak tahu dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan Padang dan Minangkabau.

Ya tak apa-apalah, masakan Padang tetap disukai semua orang di dunia walaupun rasanya tidak “original” lagi.  Kalau untuk saya sebagai orang Minang hidup di rantau memang itulah konsekuensinya. Harus belajar membiasakan lidah dengan masakan yang bermacam-macam. Tapi “masakan amak di kampuang indak ka taganti”.

Tidak ada komentar: