Senin, 28 Maret 2016

Solusi Error E-Filing : Request token tidak berhasil, silakan ulangi kembali




Minggu lalu ada seorang Pegawai pada Kantor tempat saya bekerja yang Efiling-nya bermasalah saat akan mengirimkan SPT Tahunan yang kode errornya seperti gambar di atas. Setelah saya cek ternyata benar pada Efiling-nya terjadi error saat akan mengirimkan token ke email, yang walaupun diulang-ulang terus tetap hasilnya sama. Dan ini cuman terjadi pada Efiling NPWP Pegawai tersebut, sementara pada yang lainnya tidak ada menemukan error yang seperti itu.  

Awalnya saya anggap itu cuman masalah error yang tidak permanen yang akan pulih dengan sendirinya. Jadi saya minta untuk ditunggu aja sampai beberapa hari. Tadi siang kami coba lagi dan ternyata hasilnya tetap sama. Maka saya pun coba mencari-cari dimana letak errornya, sampai akhirnya ketemu juga biang kerok permasalahannya.


Ternyata error tersebut dikarenakan ada kesalahan input format No. Telepon yang seharusnya dimulai dengan kode negara hanya diinput dengan awalan "0". Setelah saya ubah format No. Telepon dengan awalan kode negara "62", contoh "6281263123456", Pengiriman SPT Tahunan melalui Efiling NPWP yang tadinya error itu sudah kembali normal seperti gambar di bawah ini.


Tidak ada komentar: