Jumat, 26 Februari 2010

Pelajaran Gitar Edisi 1



                                                              -----wawan walada in action--------
Tips Belajar Gitar Tanpa Ikut Les Gitar

Bagi setiap remaja, pandai bermain gitar merupakan sesuatu yang diimpi-impikan. Sudah jelas itu karena gitar adalah alat musik yang bisa dimainkan dimana saja dan dalam kondisi apa saja. Pandai bermain gitar dianggap keren dikalangan remaja khususnya kalangan pelajar.

Kali ini saya akan membagi tips-tips belajar gitar tanpa ikut les musik atau masuk ke sekolah khusus seni. Saya sangat menyadari bahwa tidak semua orang bisa ikut les musik yang umumnya terbentur masalah biaya. Tapi sangat disayangkan bila bakat yang ada pada mereka menjadi sia-sia. Semoga setelah menerapkan tips-tips yang saya paparkan ini pembaca dari kalangan pelajar bisa menjadi gitaris yang handal dan disegani  minimal di kalangan pelajar sekolah masing-masing.

Berikut tips-tipsnya:


1. Majalah Gitar
   Untuk Permulaan kamu bisa mengenali chord- chord serta teknik melodi lewat majalah gitar. Kamu tidak harus berlangganan majalah yang harganya mahal.  Tapi kamu bisa membeli majalah gitar yang tidak terbaru ( alias majalah cuci gudang ) dengan harga murah di toko buku di pasar-pasar.  Yang terpenting dari majalah itu adalah ilmunya . Terkadang didalam majalah itu menyuguhkan klinik gitar, inilah yang harus kamu cemati.

2. Mempertajam Feeling
    Setelah kamu sudah menguasai dasar perpindahan chord dengan perubahan-perubahannya dan teknik dasar dasar melody, kamu jangan bergantung lagi pada majalah gitar.Kamu harus bisa mengetahui chord sebuah lagu dengan hanya mendengarnya.Dan mulailah mengulik melodi lagu dengan menggunakan feeling kamu. Tapi cobalah dari lagu yang melodinya tidak susah atau rumit.

3. Menonton video legenda gitar sedang beraksi
    Dengan melakukan hal tersebut kamu akan menjadi termotivasi dan bersemangat untuk lebih mempelajari teknik gitar tingkat tinggi. Contoh Gitaris : Steve Vai, Joe Satriani, Ingwie Malmsteen, Paul Gilbert  Eric Jhonson, dll.

4 .Video Lesson di internet 
    Untuk melatih jarimu, cari aja di internet video lesson gitar. Di video itu mereka akan mengajarkan teknik yang bervariasi. Contoh di youtube kamu bisa search :" fast picking gitar lesson" atau " judul lagu yang melodinya ingin kamu kulik( spasi ) lesson".

5. Tab GITAR
    Apabila kamu memiliki hambatan dalam mengulik lagu yang rumit, kamu search aja di google tab gitarnya. Tapi tidak semua tab gitar yang akurat. Setahu saya tab gitar yang 98% akurat adalah terbitan dari "gitar pro".

6. Belajar pada jagoan gitar kenalan kamu
    Untuk menjadi gitaris hebat kamu harus gaul. Bagi kamu yang pelajar, harus bergaul dengan anak yang anak yang pandai gitar di sekolah kamu. Dengan itu kamu bisa bertukar pikiran dengannya. Kalau di kampung atau kotamu ada master gitar yang kamu kenal  kamu juga bisa belajar padanya. Tapi ingat, dalam proses belajar kepada seorang yang lebih jago dari kamu , jangan sekali-kali sombong dan berlagak sudah jago, karena sifat seperti itu dapat membuat mereka enggan membagi ilmunya ke kamu.

Sekian tips yang dapat saya paparkan. Pembaca bisa memberi komentar ke link posting. Buat kamu yang sedang belajar gitar, selamat berjuang! Semoga kamu bisa menjadi gitaris yang disegani.


                                                           ------Handra in action------

Tidak ada komentar: