Sabtu, 19 April 2014

Cara Berhenti Total Merokok



Dalam postingan kali ini saya  mencoba untuk membahas tentang cara berhenti merokok. Yang saya tulis ini adalah hasil dari pengalaman pribadi saya sendiri sebagai anak muda bekas perokok berat. Untuk berhenti merokok secara total saya akui sangatlah sulit. Dalam 7 tahun  menjadi perokok berat sudah berkali-kali saya mencoba untuk berhenti merokok dan selalu "gagal".

Sebelumnya saya akan coba bercerita sedikit tentang latar belakang saya menjadi perokok. Saya yang setelah tamat SMP melanjutkan SMK Teknik yang pergaulannya agak keras dari sekolah pada umumnya. Bayangin aja di kelas saya yang bidang  Teknik Mesin jurusan Teknik Mekanik Otomotif  gak ada satupun cewek. :3 Jadi udah pasti pada ngantuk di kelas, "cabut" , keluyuran, dan merokok bareng teman-teman adalah suatu gaya hidup biar fikiran agak nyaman.:P :v Ditambah lagi saya juga maen band, jadi kalo ngulik lagu bareng atau ada acara Festival atau Parade gitu, rasanya gak keren kalau gak merokok. :P

Setelah tamat sekolah, saya kerja jadi mekanik di sebuah bengkel. Karena udah berpenghasilan, saya mulai beli rokok per-bungkus, gak per-batang atau setengah bungkus lagi seperti pada saat masih sekolah. :P Di situ saya  mulai terhanyut sebagai perokok berat.:v Setelah saya berhenti bekerja di bengkel, saya bekerja sebagai operator warnet. Jaga warnet dari pagi sampe sore atau dari malam sampe pagi. Kalo udah gitu, minimal sebungkus rokok sehari udah hemat tuh. :3

Azzz... malah jadi curhat masa lalu. -_- Nah, balik ke topik... Gimana saya yang lebih dari 7 tahun sebagai perokok berat akhirnya bisa berhenti total?? Silakan disimak tips ampuhnya ... :P 
  1. Pasang niat.  Kalau Anda gak pernah niat untuk berhenti merokok, Anda tidak akan pernah bisa untuk berhenti merokok. Berhenti merokok bukan suatu yang gampang karena merokok itu adalah suatu kebiasaan.
  2. Mengurangi merokok secara berangsur-angsur. Jadi, cara yang benar adalah bukan dengan langsung berhenti total. Karena kalau langsung berhenti total biasanya tidak akan bertahan lama karena kebiasaan dalam pergaulan membuat kita tidak akan tahan terhadap godaan untuk merokok lagi.
  3. Pelajari gangguan kesehatan yang dapat disebabkan rokok. Khusus untuk saya pribadi, yang menjadi ketakutan saya adalah menurunnya kinerja otak saya dalam mempelajari sesuatu. Saya merasa kalau terus seperti ini, impian masa depan saya tidak bisa dicapai dengan maksimal. Alhasil, setelah berhenti merokok saya merasakan kepala ini lebih ringan dan gak gampang stres dalam mempelajari berbagai hal. :D
  4. Memperhatikan orang-orang yang sukses dan tetap keren walaupun tidak merokok. Ini penting untuk mulai menghilangkan rasa tidak PeDe kalau tidak merokok saat  hang-out sama teman-teman sepermainan, mengikuti acara-acara tertentu misalnya konser musik, festival band, Organ Tunggal :P , dll . :v
  5. Gembar-gembor pada orang-orang dalam kehidupan Anda. Ini adalah penentu keberhasilan anda untuk berhenti merokok secara total. Tapi jangan lakukan ini saat Anda belum siap mental untuk berhenti merokok secara total. :P Anda harus curhat sana sini bahwa Anda telah memutuskan untuk berhenti merokok. Misalnya pada Ortu, Pacar, sahabat, dan orang-orang lain yang Anda segani dalam kehidupan Anda. Nah... kalo udah gitu Anda akan sangat malu kalau ketahuan merokok lagi. Biasanya kalau sudah mempraktekkan cara ini kemungkinan berhasilnya sangat tinggi. Kalau gagal berarti Anda orang yang gak punya malu :P :v
  6. Yakinlah bahwa ini untuk kebaikan diri Anda dan juga untuk orang di sekitar Anda. Jadi, jangan pernah menyesal telah berhenti merokok. Cepat atau lambat Anda pasti akan merasakan manfaat yang nyata dari berhenti merokok. Dan akhirnya kehidupan Anda akan menjadi lebih baik. :)